Saturday, October 30, 2010

Mengenal SNB (Social Network Bussiness)



Apa itu SNB ?
SNB merupakan singkatan dari Social Network Bussiness (dalam bahasa Indonesia : Bisnis Jaringan Sosial). SNB sering di salah artikan dengan nama layanan jejaring sosial atau yang sering Anda sebut dengan Social Network Services (SNS). Seperti Anda ketahui sekarang Internet sudah merupakan kebutuhan sekunder dalam kehidupan, sehingga mendorong Social Network Services untuk berkembang dengan pesat. Di Indonesia sendiri trend Social Network Services ini telah mewabah sejak munculnya Friendster, lalu MySpace, kemudian Facebook sampai Twitter. Nah didalam SNB itu, dibahas mengenai bisnis apa yang dapat Anda lakukan dalam Social Network Services tersebut, entah itu Friendster, MySpace, Facebook, Twitter atau bahkan layanan jejaring sosial lainnya.

Metode SNB
Menurut pengalaman saya sendiri, SNB itu memiliki dua metode dalam memulai dan memanfaatkan peluang bisnis tersebut, yaitu sebagai berikut :
  1. Memasang iklan pada Social Network Services.
  2. Dalam metode ini, Anda hanya akan memasang sebuah iklan pada social network tersebut yang nanti-nya bila iklan tersebut di klik oleh user, maka akan langsung menuju ke website Anda. Tarif saat Anda memasang iklan pada Social Network tersebut beragam tergantung dari terkenal atau tidaknya Social network itu dan juga tergantung dari besarnya iklan yang akan Anda pasang. Iklan biasanya disebut juga banner. Sebagai contoh pada Facebook biasanya iklan terletak pada bagian kanan layar, seperti gambar dibawah ini.

    Nah, dicontoh iklan diatas adalah berjualan jaket dan sebuah warung, bila iklan tersebut di klik oleh user maka langsung akan menuju ke website yang dituju, dengan cara ini website Anda pun lebih banyak dikunjungi. Iklan pada Facebook ini bersifat random, saat user mengklik refresh pada browser maka iklan pun berubah-ubah.

  3. Langsung berbisnis di dalam Social Network Services.
  4. Maksud metode ini ialah, Anda langsung berbisnis di dalam Social Network Services sebagai user. Jadi Anda membuat account pada situs jejaring social tersebut, sebagai contoh Facebook. Hal pertama yang anda lakukan ialah membuat akun pada Facebook, kemudian Anda menambahkan teman terlebih dahulu sebanyak-banyaknya. Kemudian Anda upload foto-foto yang menjadi produk Anda lalu tinggal Anda Tag-tag semua yang menjadi teman Anda.


Sekian sedikit pembahasan dari saya mengenai Social Network Bussiness, semoga berguna minum.
Salam peace.

1 comment:

KANJORA said...

maaf Min, ijin copas ya.. makasih

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...