Sunday, October 31, 2010

E-Commerce di Indonesia



Berkembangnya Internet dan Otomatisasi diberbagai bidang mendorong kita sebagai masyarakat Indonesia untuk terus mengotomatisasikan berbagai hal. Sebagai contoh dalam hal berbelanja saja, sudah ada teknik yang dikenal dengan nama E-Commerce. E-Commerce muncul beberapa bulan setelah WWW muncul, yaitu sekitar pertengahan tahun 1994. Sedangkan di Indonesia sendiri mulai berkembang saat masuk ke abad millenium tahun 2000.

Apa itu E-Commerce ?
E-Commerce secara harfiah dalam bahasa indonesia berarti Elekronik Komersial atau Perdagangan Elektronik. E-Commerce merupakan suatu cara berbelanja, berdagang, dan pemasaran barang maupun jasa melalui sistem elektronik seperti, internet, televisi ataupun jaringan komputer lainnya yang dapat menyediakan layanan "get dan deliver".

Perbedaan E-Commerce & E-Bussiness
Banyak orang mengira istilah E-Commerce sama dengan E-Bussiness, yang ternyata salah besar. Terdapat perbedaan yang lumayan signifikan antara kedua hal tersebut. E-Commerce merupakan bagian dari E-Bussiness yang cakupannya lebih luas, ibaratnya E-bussiness lebih general dan E-Commerce lebih spesifik lagi. Dalam E-Bussines tidak hanya pembelian dan penjualan barang atau jasa tetapi juga pelayanan pelanggan, E-Learning bahkan transaksi elektronik di dalam perusahaan.

Proses yang ada dalam E-Commerce
  1. Mempresentasikan produk atau jasa dalam media elektronik.
  2. Pemesanan secara langsung dengan disediakan nya bill.
  3. Otomatisasi pembelian yang aman, seperti melalui ATM ataupun rekening bank.
  4. Pembayaran On-Line dan penanganan transaksi

Keempat proses tersebut merupakan proses yang ada dalam E-Commerce dalam penjualan barang ataupun jasa. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan contoh kasus-nya, yaitu E-Commerce melewati sebuah Forum yang ada di Indonesia (kaskus).

Contoh kasus
Dalam contoh kasus ini saya menerangkan tentang bagaimana memulai E-Commerce pada forum KASKUS lewat sub forum FJB. Sesuai dengan proses pertama yaitu, Anda mempresentasikan terlebih dahulu produk atau jasanya, dalam kasus ini berati Anda membuat sebuah Thread / Topik dalam forum tersebut lalu langsung mempresentasikannya, bisa melalui teks, suara, gambar maupun video. Sebagai contoh disini merupakan Thread mengenai penjualan MP3 player, disini dipresentasikan dengan gambar dan teks berupa testimoni dari pembeli, Anda bisa melihat langsung pada link ini.

Kemudian proses selanjutnya ialah pemesanan secara langsung disediakan bill, bill disini merupakan tagihan yang nantinya akan dikirim melalui PM (private Messages) oleh penjual. Selanjutnya ialah otomatisasi pembelian disini bisa melewati YM (yahoo messenger), langsung dalam Thread tersebut maupun melewati SMS ataupun Telepon yang nantinya akan melalu rekening bank.

Penanganan transaksi disini ditangani langsung oleh penjual sebagai thread starternya, sehingga terjamin atau tidaknya transaksi tersebut tergantung dari thread starter itu sendiri, maka dari itu Anda disarankan untuk melakukan transaksi dari Thread starter yang sudah Recomended.

Kelemahan & Keuntungan E-Commerce
- Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
- Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
- Perlunya rasa saling percaya yang lebih antara pembeli dan penjual.
- Lebih praktis dalam pembelian.
- Tidak ada kata "mengantri" dalam kamus e-commerce.
- Barang yang langka menjadi mudah didapat melalu e-commerce karena bisa mnyebrangi pulau bahkan benua.


Sekian sedikit pembahasan dari saya mengenai E-Commerce, semoga berguna minum.
Salam peace.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...