Tuesday, October 5, 2010

ADSL, Koneksi Rumahan Paling Populer

Photobucket


Semakin menjamurnya internet dewasa ini telah merambah ke berbagai area, tidak hanya area perkantoran saja namun sudah sampai area rumahan. Hal ini didukung dengan bermunculan nya situs-situs jejaring sosial seperti friendster, myspace, facebook, twitter maupun situs sejenis lain nya. Situs-situs seperti ini biasanya diakses berbagai kalangan dari remaja sampai dewasa. Karena hal itu permintaan akan akses internet pun meningkat sehingga sudah banyak orang yang menginginkan untuk memasang internet di rumah sehingga bisa mendapatkan informasi dengan cepat tanpa harus pergi ke warung-warung internet yang relatif mahal sekarang.

Untuk memasang internet di rumah biasanya orang-orang menggunakan jasa ISP (Internet Service Provider) yang cukup terkenal. Salah satunya yang cukup populer saat ini yaitu menggunakan ISP Telkom.net. Telkomnet meluncurkan produk Speedy yang menggunakan teknologi ADSL sebagai teknologi koneksinya. Nah, ADSL itu seperti apa ya? Bagi yang masih belum tau, akan saya ulas sedikit mengenai ADSL itu sendiri.


Apa itu ADSL?
ADSL merupakan singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line, merupakan jenis teknologi akses internet yang memudahkan data untuk dikirim melalui kabel tembaga saluran telepon. Teknologi ini memerlukan beberapa perangkat khusus seperti modem ADSL dan splitter. Modem ADSL memang dirancang khusus untuk bekerja pada frekuensi 34 kHz sampai 1104 kHz, sehingga kecepatan transfer data nya pun jauh lebih cepat dibandingkan modem-modem konvensional lain nya. Kecepatan pengeriman data ADSL beragam tergantung dari kecepatan ISP yang diberikan dan jenis modem nya (berkisar dari 128 kbps bahkan sampai 9Mbps).

Nah sekarang sudah tau kan ADSL itu apa. Sekarang lanjut mengenai perangkat-perangkat apa saja yang dibutuhkan.

Perangkat ADSL
Seperti sudah dijelaskan diatas untuk menggunakan ASDL Anda memerlukan beberapa perangkat seperti Modem ADSL, Splitter dan juga Kabel Tembaga Saluran Telepon.
  1. Modem ADSL
  2. Modem khusus yang digunakan ada berbagai macam dan bentuk nya, Modem tersebut bisa merupakan Modem Router. Contoh Modem Router yang saya gunakan di rumah ialah Modem Router Prolink H9200R.

    Dapat dilihat dalam gambar tersebut ada empat lampu, yaitu lampu power, lampu ADSL, lampu Internet dan lampu LAN. Biasanya saat Anda menekan tomobol power on, maka keempat lampu akan menyala lalu dua lampu langsung mati, yang masih menyala adalah lampu power dan lampu LAN, kemudian lampu ADSL akan berkedip menandakan bahwa ada saluran telepon, saat lampu ADSL berhenti berkedip atau sudah stabil maka lampu Internet pun menyala, menandakan PC / NoteBook Anda sudah terhubung dengan Internet.

  3. Splitter


  4. Splitter merupakan alat penghubung ADSL dengan line telepon. Splitter ini berguna untuk menghilangkan gangguan ketika Anda menggunakan modem ADSL. Sehingga nantinya Anda tetap dapat menggunakan Internet dan menjawab telepon secara bersamaan. Ini merupakan salah satu keuntungan mengapa Anda menggunakan teknologi ADSL.


  5. Kabel


  6. Kabel ini berfungsi media penghantar ADSL. Kabel yang digunakan ialah open wire atau kabel tembaga saluran telepon yang nanti dihubungkan ke dalam Splitter.


Keuntungan ADSL dibanding teknologi lain
  • Pembagian dua frekuensi. Yaitu frekunsi data dan frekuensi suara dan fax. Sehingga saat Internet sedang digunakan mesin fax dan pesawat telepon masih bisa digunakan karena menggunakan Splitter, berbeda dengan teknolgi dial-up, dimana saat Anda menggunakan Internet maka pesawat telepon tidak bisa digunakan.
  • Stabil. Koneksi Internet menggunakan ADSL memang cenderung lebih stabil dibandingkan dengan wajan bolik maupun teknologi 3G. Dikarenakan menggunakan line telepon berbeda dengan wajan bolik dan 3G yang menggunakan sinyal, sehingga bila cuaca buruk biasanya koneksi wajan bolik dan 3G cenderung tidak stabil.
  • Tersedia. Tersedia disini berarti bahwa untuk memasang teknologi ini Anda cukup menggunakan saluran telepon yang sudah ada tidak usah membuat saluran baru lagi seperti dial-up.
  • Murah. Yak kini untuk Internet menggunakan ADSL cukup murah. Seperti bila Anda menggunakan ISP Telkom.net dan menggunakan Speedy untuk pasang baru biasanya Anda hanya membayar modem saja ditambah biaya pemasangan saja berkisar 50 IDR sampai 75 IDR. Biaya perbulan nya pun cukup murah, Anda bisa cek sendiri di (http://www.telkom.co.id/produk-layanan/personal/internet/speedy.html).

Kerugian ADSL dibanding teknologi lain
  • Sangat berpengaruhnya jarak pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, atau saluran telepon kita dengan gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses Internetnya.
  • Tidak Fleksibel. Tidak seperti modem wireless 3G yang bisa dibawa kemana-mana, ADSL biasanya hanya dilettakan di satu tempat saja.
  • Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL. Misalnya Mac. Cara yang dipakai pun akan lebih rumit dan ada kemungkinan memakan waktu lama. Sehingga pengguna Linux harus menggantinya dengan software yang lebih umum seperti Windows Xp atau Linux.


Referensi Artikel:
Sumber 1, Sumber 2

Sekian sedikit pembahasan dari saya, semoga berguna minum.
Salam peace.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...