Monday, January 31, 2011

Bisnis E-Commerce Tembus Rp 300 Milyar

Bisnis E-Commerce merupakan bisnis di bidang teknik informatika yang memang sudah tenar sejak web pertama kali muncul. Prospek dunia E-Commerce ke depan, khususnya di Indonesia, saya pikir akan penuh dengan kejutan dan tentu saja sangat menarik untuk diikuti. Seperti halnya eBay di masa awal dulu, siapa yang percaya bahwa orang akan melakukan transaksi dengan orang asing (dan negara lain) yang belum dikenal sama sekali? Dan sekarang, semua orang menggunakan eBay! Yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara kita membaca peluang dan menyambut peluang tersebut sebaik mungkin.

Di Indonesia sendiri sudah banyak E-Commerce seperti eBay, yaitu tokobagus, bhinneka, tokopedia dan lain lain. Vivanews saja sampai mengatakan bahwa tokobagus, memiliki omset perbulan sampai 300 Milyar. Menurut rilis tersebut, angka itu diperoleh dari hasil survei yang dilakukan Tokobagus dan melibatkan seller (penjual) dan buyer (pembeli), dengan tingkat kepercayaan 99 persen dan margin error lima persen. Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia memang mendongkrak peningkatan transaksi online. Tak heran bila kemudian beberapa pemain di tingkat global juga tak mau ketinggalan untuk menikmati besarnya pasar Indonesia. Pada kuartal pertama tahun ini, situs e-commerce nomor satu Jepang, Rakuten, juga berencana untuk memulai operasional di Indonesia dengan menggandeng kelompok MNC.

Sungguh bisnis yang sangat menjanjikan jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis IT lain seperti membuat website atau bahkan membuka warnet yang sekarang mulai menjamur.

Sumber : vivanews, dailysocial

Sekian sedikit pembahasan dari saya, semoga berguna minum.
Salam peace.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...