Wednesday, March 3, 2010

Perkembangan Media CD-ROM dalam dunia Games

Pesatnya perkembangan teknologi game saat ini mempengaruhi banyak aspek dalam perkembangan media dan engine nya itu sendirisembah.Seperti kita ketahui teknologi game terus berevolusi dari yang tadinya bergrafik 2D sampai 3D jika dilihat dari segi grafiknya, lalu dari segi lain nya seperti dari segi media game juga ikut berevolusi, seperti yang banyak kita ketahui:senyum

1. Cartridges yang digunakan oleh konsol Nitendo64, GameBoyColor, Sega.2. Optical Media CD-ROM yang digunakan oleh konsol PlayStation.
3. Optical Media DVD-ROM yang digunakan oleh konsol PlayStation2.
4. Optical Media Blu-Ray yang digunakan oleh konsol PlayStation3.
5. Optical Media HD-DVD yang digunakan oleh konsol Xbox360.


Pada artikel saya kali inisengihnampakgigi, saya akan membahas mengenai perkembangan evolusi dari Optical Media CD-ROM itu sendiri. Banyak dari kita yang mengetahui bahwa CD-ROM hanya digunakan pada konsol PlayStation saja,takbole sebenarnya sebelum itu masih banyak yang sudah menggunakan media CD-ROM hanya saja tidak begitu sukses seperti PlayStation.

  • Tahun 1992 - Pelopor Zaman CD-ROM.
  • Historic Arcade Game mengeluarkan game pertama dengan menggunakan media CD-ROM yaitu Mortal Kombat.
  • Sega merilis konsol berbasis CD-ROM pertama yang dinamakan Sega_CD, sebuah add on untuk memainkan game dari CD-ROM, sehingga kualitas tampilan grafiknya semakin baik, lebih rumit dan penuh permainan motion video.
  • Id Software merilis Wolfenstein 3D, game yang membuat popularitas FPS meningkat di pasaran.

  • Tahun 1993 - Generasi Ke 5
  • Panasonic merilis konsol pertama yang menggunakan CD-ROM yang bernama 3DO. Mendapat pengahargaan "Named Product Of The Year" dari Time Magazine dan menguasai pasar konsol saat itu.
  • Atari membuat upaya terakhir reklamasi pasar dengan merilis Jaguar yang bisa menggunakan CD-ROM dan juga Cartridge sebagai medianya. Namun karena banyak bug dan memory failures maka Atari pun keluar pasar konsol dan hanya menerbitkan games.

  • Tahun 1994 - Sony mulai merambah ke Dunia Game
  • History Arcade Game merilis game Tekken.
  • Sega Saturn dan Sony PlayStation dirilis di Jepang dengan selang waktu beberapa bulan. Keduanya merupakan konsol berbasis media CD-ROM, menggunakan 32-bit grafik. Perbedaanya, Sega Saturn menguasai hardcore game sedangkan Sony PlayStation menguasai game kasual.

Sekian dulu artikel dari saya, sengihnampakgigi. Artikel ini juga ditujukan untuk memenuhi tugas Softskill dari mata kuliah Pengantar Teknologi Game. Semoga Artikel ini bermanfaat buat semua yang membacanya.

Salam minum.

2 comments:

ariesre said...

bermanfaat kok gan...
sama2 saling tukeran info aja...

ganar said...

Mantafff
nice artikel

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...