Monday, January 11, 2010

Mengenal Sunda Lebih Dalam

Sunda, merupakan nama sebuah Suku di Tanah Air Indonesia dan juga merupakan nama sebuah Bahasa yang digunakan oleh Suku itu sendiri dan merupakan bahasa yang dituturkan terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawatepuktangan. Banyak orang tau bahwa, Suku Sunda merupakan penduduk asli yang banyak berdomisili di daerah Jawa Barat. Jumlah populasi-nya menurut Wikipedia sampai dengan Tahun 2004, kurang lebih sebanyak 27 juta jiwa, tersebar di Jawa Barat sebanyak 23 juta, Banten 3 juta dan lain-nya.sembahSebagian besar suku ini beragama Islam, namun tidak sedikit pula yang beragama Kristen, Hindu dan Budha. Suku ini bisa dibilang suku yang lumayan mengikuti arus perkembangan zaman, tidak terpencil seperti suku-suku yang lain. Mungkin salah satu penyebabnya ialah, lokasinya yang berdekatan dengan jantung negara Indonesia yaitu Jakartasengihnampakgigi.


Sunda, memiliki banyak kebudayaan yang sangat beragam seperti suku-suku lain-nya yang terdapat di Nusantaraku tercinta inicium.Kebudayaan-nya yang nanti akan dibahas mungkin hanya sebagian kecil sajasenyum. Dimulai dari Tari-Tarian, Tari Merak merupakan tari kreasi yang menggambarkan burung merak yang sedang bercengkrama di taman, Tarian ini biasanya diperagakan oleh penari wanita yang memakai pakaian yang berwarna cerah yang melambangkan burung merak, seperti gambar berikut.

Selain Tari Merak, ada juga Tarian yang tak kalah menarik,menari yaitu Tari Ketuk Tilu dan Tari Ronggeng Midang. Tari Ketuk Tilu merupakan tari pergaulan yang biasa diadakan di lapangan terbuka pada malam hari dengan penerangan obor, biasanya diperagakan oleh penari pria maupun wanita yang saling berpasangan, sedangkan Tari Ronggeng Midang merupakan tarian yang diangkat dari kehidupan Ronggeng, yang biasanya dipegarakan oleh beberapa penari wanita.

Tari Ketuk Tilu
Tari Ronggeng Midang

Selain tarian, ada juga atraksi musik seperti Rampak Kendang yaitu atraksi musik kendang sunda yang dimainkan secara kompak dengan irama yang dinamis.siul

Sekilas mengenai tarian dan musik dari Sunda tadi, sekarang masuk ke dalam cara berkomunikasi dari Suku Sunda. Sunda berkomunikasi menggunakan Bahasa yang disebut Basa Sunda. Bahasa ini sebenarnya dibagi menjadi beberapa Dialek, yaitu Dialek Barat, Utara, Selatan, Tengah Timur, Timur Laut dan Tenggara. Masing-masing dialek hanya memiliki sedikit perbedaan. Berikut ini merupakan Bilangan dalam Basa Sunda.nerd
Sekian Artikel dari Saya, semoga bermanfaat peace.

8 comments:

Anonymous said...

Akhirnya, rilis juga...
Ni tugasnya kan???

Good job om...

Klo boleh usul, tambahin rumah adat, makanan, sama bajunya...

Qodel said...

sebenernya bukan-nya ga mau, cuma karena ini Suku Sunda-nya bukan Jawa Barat-nya, hehe,,,
tapi saran di tampung, thx :D

yulia said...

pertamaxxxx,,,

sunda bngt dah,, TOP :D

Qodel said...

maaf saudara yulia gagal,, wkkwwwk,, coba lagi lain kali di artikel lain ya :P

Anonymous said...

Sorry jul, 1st place was me...

Ganar said...

Jiah mba Jul gagal pertamax =))
Mantaff DeL,,,
dari kemaren2 di simpen di Darf aja
untung aja ga busuk :d

Qodel said...

apa bae busuk, HAHAHA,, iya nih cuman ini dikit banget :(,, nanti pagi gw tambah deh ^^

Dhimas said...

like this lah
mantap gan masih mempublikasikan salah satu budaya indonesia

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...