Sunday, March 13, 2011

Laporan Pendahuluan RPL2 - 3

Mata Praktikum : Rekayasa Perangkat Lunak 2
Materi : Spring - Hibernate
Kelas : 4IA12 A
PJ : Surya Ningrum


Soal.
1. Apa yang kalian ketahui tentang Spring ?
2. Apa yang kalian ketahui tentang hibernate

Jawaban.

1. Spring merupakan sebuah framework opensource Java yang dibuat oleh Rod Johnson. Spring menjadikan mungkin menggunakan JavaBeans yang masih polos, dimana sebelumnya hanya mampu dilakukan oleh EJB. Namun keunggulan Spring menawarkan kesederhanaan, kemudahan testing kode program, serta loose coupling.

Keuntungan memakai Spring diantaranya:
  1. Termasuk framework yang lightweight (ringan) baik dari ukuran maupun kinerjanya. Bentuk JAR-nya tidak lebih besar dari 1MB.
  2. Memiliki kemampuan Injection of Control yang mampu menjadikan objek lebih loose coupling. Saat IoC aktif, objek secara pasif memberikan daftar objek yang tergantung terhadapnya juga objek apa saja yang dia butuhkan. Spring akan memberikan dependencies mereka saat inisialisasi secara otomatis.
  3. Aspect-oriented Programming, Spring juga memiliki kemampuan untuk memisahkan pengembangan antara aspek business logic dengan system service. Dengan ini objek dapat lebih berkonsentrasi untuk melakukan tugasnya, hanya melakukan business logic sesuai dengan tujuan dia dibuat. Objek-objek tersebut tidak perlu bertanggungjawab atas service-service system seperti logging ataupun mensupport transaksi.
  4. Container, Spring merupakan sebuah container yang dapat mengatur life cycle dari objek-objek aplikasi. Programmer dapat menentukan sendiri bagaimana beans-beans mereka dipakai, apakah hanya dibutuhkan satu inisialisasi beans ataupun menginisialisasi beans baru setiap satu dari mereka dibutuhkan. Semua bisa dilakukan dengan berdasarkan pada prototype yang dapat di konfigurasi.
  5. Framework, Spring memungkinkan programmer untuk lebih berkonsentrasi mengembangkan business logic dari objek-objek aplikasi mereka sementara Spring akan mensupport system service seperti manajemen transaksi, integrasi framework, dll. Semua ini memungkinkan untuk membuat aplikasi yang kompleks dari komponen-komponen yang sederhana.


Arsitektur Spring :
  • Spring AOP
    Salah satu komponen utama Spring adalah AOP Framework, AOP framework digunakan untuk menyediakan layanan Enterprise, terutama sebagai pengganti EJB. Layanan terpenting dalam layanan ini adalah untuk mendekralitf manajemen transaksi, yang telah disediakan dalam abstraksi spring transaction dan untuk memungkinkan pengguna dalam menerapkan AOP dalam penggunaan OOP.
  • Spring ORM
    Spring ORM berhubungan dengan akses database dan menyediakan lapisan layer terintegrasi dengan ORM yang populer termasuk JDO, Hibernate dan iBatis.
  • Spring Core
    Paket Spring Core ini merupakan komponen paling penting dari Spring Framework.
    Komponen ini menyediakan fitur Dependency Injection. BeanFactory memisahkan dependensi seperti inisialisasi, pembentukan dan akses object dari logika program anda.
  • Spring Web
    Merupakan bagian dari modul pengembangan Web Spring termasuk Spring Web MVC.
  • Spring DAO
    DAO (Data Access Object) mendukung standarisasi akses data yang menggunakan teknologi seperti JDBC, Hibernate dan JDO.
  • Spring Context
    Paket ini didasari pada paket beans untuk menambah dukungan sumber pesan dan untuk pola desain Observer, dan kemampuan untuk mendapatkan sumber daya yang konsisten dengan menggunakan API.
  • Spring Web MVC
    Menyediakan implementasi MVC untuk aplikasi web.


2. Hibernate adalah salah satu teknologi object relational persistence mapping (ORM) dan query service. Transformasi persistent data dari sebuah representasi data (relational database) ke sebuah representasi data yang lain (java objects) ataupun sebaliknya adalah fungsi yang sebenarnya dilakukan oleh ORM.

Hibernate ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman java meskipun saat ini juga dikembangkan untuk mendukung .NET framework. Persistent object dapat dibuat menggunakan hibernate dengan idiom bahasa pemrograman java termasuk didalamnya association, inheritance, polymorphism, composition, java collection framework seperti Set, List, Map. Hibernate adalah free software yang menggunakan lisensi LGPL.

Hibernate mendukung banyak DBMS (Database Management System) antara lain Oracle, DB2, MySQL, PostgreSQL, Sybase, SAP DB, HypersonicSQL, Microsoft SQL Server, Posgress, McKoi SQL, Pointbase dan Interbase. Hibernate dapat diintegrasikan dengan Framework-framework java yang lain seperti JBoss (hibernate sekarang merupakan bagian dari JBoss Project), Spring Framework, Struts, JSF maupun framework java yang lain sebagai persistence layer.



Sumber 1 :
http://awansembilan.blogspot.com/2010/02/pengenalan-spring.html

Sumber 2 :
http://en.wikipedia.org/wiki/Spring_Framework

Sumber 3 :
http://budigunawan.wordpress.com/2010/02/01/apa-itu-spring-framework/

Sumber 3 :
http://heru.wordpress.com/2006/03/21/berkenalan-sekilas-dengan-hibernate/



Note :
- Untuk Null akan di update secepatnya dan silahkan FeedBack untuk memberikan jawaban yang lebih Baik. peace.
- Untuk melihat gambar lebih jelas silahkan di klik gambar yang ingin Anda lihat.

"Answer with your own risk"setan

Selamat Mengerjakan minum.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...