Mata Kuliah : Grafik Komputer 2
Materi : Animasi
PJ : Nurul Hidayati
Soal.
1. APA YANG KALIAN KETAHUI TENTANG Animasi pada OGRE ?
Jawaban.
1. Animasi menurut "wikipedia" adalah tampilan cepat dari urutan gambar 2 Dimensi atau model karya 3 Dimensi yang menciptakan sebuah ilusi gerakan. 3D animasi dimodelkan secara digital dan dimanipulasi oleh seorang animator. Untuk memanipulasi 3D kita membutuhkan sebuah objek berupa mesh yang diberi struktur rangka digital yang berguna untuk mengontrol mesh tersebut.
Animasi di OGRE sangat lah sederhana. Untuk melakukan animasi Anda hanya membutuhkan file mesh dan file skleton yang telah diberi struktur rangka sehingga menghasilkan suatu pergerakan.
Berikut ini contoh animasi. Untuk melakukan animasi ini, Anda perlu mendapatkan Badan AnimationState dari objek, mengatur pilihan, dan mengaktifkannya. Ini akan membuat animasi aktif, tetapi Anda juga perlu menambah waktu untuk itu setelah setiap frame agar animasi untuk menjalankan. Kita akan mengambil satu langkah pada satu waktu. Pertama, pergi ke MoveDemoListener's constructor dan tambahkan kode berikut:
// Set idle animation
mAnimationState = ent->getAnimationState("Idle");
mAnimationState->setLoop(true);
mAnimationState->setEnabled(true);
Baris kedua mendapatkan AnimationState keluar dari entitas. Pada baris ketiga kita sebut setLoop (benar), yang membuat animasi loop berulang-ulang. Untuk beberapa animasi (seperti kematian animasi), kita akan ingin untuk mengatur palsu ini sebagai gantinya. Baris keempat benar-benar memungkinkan Animasi. Tapi tunggu ... mana yang kita dapatkan "Idle" dari? Bagaimana sihir ini konstan menyelinap di sana? Setiap mesh memiliki seperangkat mereka sendiri Animasi ditetapkan untuk mereka. Untuk melihat semua Animasi untuk mesh tertentu yang sedang Anda kerjakan, Anda perlu untuk men-download dan melihat OgreMeshViewer mesh dari sana.
Sekarang, jika kita mengkompilasi dan menjalankan demo yang kita lihat ... tidak ada yang berubah. Hal ini karena kita perlu memperbarui negara animasi dengan waktu setiap frame. Cari MoveDemoListener:: frameStarted metode, dan tambahkan baris kode ini pada awal fungsi:
mAnimationState->addTime(evt.timeSinceLastFrame);
Sekarang membangun dan menjalankan aplikasi. Anda akan melihat robot melaksanakan animasi berdiri di tempat.
Sumber 1 :
http://en.wikipedia.org/wiki/animation
Sumber 2 :
http://handipramulyana.blogspot.com/2010/03/tutorial-animasi-pada-ogre-3d.html
NB : Untuk Null akan di update nanti dan silahkan FeedBack untuk memberikan jawaban yang lebih Baik. .
"Answer with your own risk"
Selamat Mengerjakan .
Materi : Animasi
PJ : Nurul Hidayati
Soal.
1. APA YANG KALIAN KETAHUI TENTANG Animasi pada OGRE ?
Jawaban.
1. Animasi menurut "wikipedia" adalah tampilan cepat dari urutan gambar 2 Dimensi atau model karya 3 Dimensi yang menciptakan sebuah ilusi gerakan. 3D animasi dimodelkan secara digital dan dimanipulasi oleh seorang animator. Untuk memanipulasi 3D kita membutuhkan sebuah objek berupa mesh yang diberi struktur rangka digital yang berguna untuk mengontrol mesh tersebut.
Animasi di OGRE sangat lah sederhana. Untuk melakukan animasi Anda hanya membutuhkan file mesh dan file skleton yang telah diberi struktur rangka sehingga menghasilkan suatu pergerakan.
Berikut ini contoh animasi. Untuk melakukan animasi ini, Anda perlu mendapatkan Badan AnimationState dari objek, mengatur pilihan, dan mengaktifkannya. Ini akan membuat animasi aktif, tetapi Anda juga perlu menambah waktu untuk itu setelah setiap frame agar animasi untuk menjalankan. Kita akan mengambil satu langkah pada satu waktu. Pertama, pergi ke MoveDemoListener's constructor dan tambahkan kode berikut:
// Set idle animation
mAnimationState = ent->getAnimationState("Idle");
mAnimationState->setLoop(true);
mAnimationState->setEnabled(true);
Baris kedua mendapatkan AnimationState keluar dari entitas. Pada baris ketiga kita sebut setLoop (benar), yang membuat animasi loop berulang-ulang. Untuk beberapa animasi (seperti kematian animasi), kita akan ingin untuk mengatur palsu ini sebagai gantinya. Baris keempat benar-benar memungkinkan Animasi. Tapi tunggu ... mana yang kita dapatkan "Idle" dari? Bagaimana sihir ini konstan menyelinap di sana? Setiap mesh memiliki seperangkat mereka sendiri Animasi ditetapkan untuk mereka. Untuk melihat semua Animasi untuk mesh tertentu yang sedang Anda kerjakan, Anda perlu untuk men-download dan melihat OgreMeshViewer mesh dari sana.
Sekarang, jika kita mengkompilasi dan menjalankan demo yang kita lihat ... tidak ada yang berubah. Hal ini karena kita perlu memperbarui negara animasi dengan waktu setiap frame. Cari MoveDemoListener:: frameStarted metode, dan tambahkan baris kode ini pada awal fungsi:
mAnimationState->addTime(evt.timeSinceLastFrame);
Sekarang membangun dan menjalankan aplikasi. Anda akan melihat robot melaksanakan animasi berdiri di tempat.
Sumber 1 :
http://en.wikipedia.org/wiki/animation
Sumber 2 :
http://handipramulyana.blogspot.com/2010/03/tutorial-animasi-pada-ogre-3d.html
NB : Untuk Null akan di update nanti dan silahkan FeedBack untuk memberikan jawaban yang lebih Baik. .
"Answer with your own risk"
Selamat Mengerjakan .
2 comments:
Bahasanya itu loh -_-..
Post a Comment