Friday, May 20, 2011

Kuis SoftSkill

Perkembangan Komputasi Modern
  1. Apa yang kamu ketahui tentang Komputasi Modern ?

  2. Komputasi Modern ialah suatu aktifitas untuk menemukan pemecahan permasalahan dengan suatu algoritma dengan menggunakan hardware dan software yang terbaru.

  3. Jelaskan sejarah komputasi modern !

  4. Asal muasal komputasi dari adanya perhitungan-perhitungan angka yang dilakukan manusia. Manusia telah mengenal angka dan perhitungan sejak berabad-abad yang lalu. Manusia purba telah mengenal perhitungan, yang bisa dilihat dari adanya sistem berter barang pada zaman itu. Manusia purba telah bisa memperkirakan suatu barang nilainya akan sama dengan barang apa. Bangsa romawi pun telah dapat menghitung sistem kalender dan rasi bintang.

    Zaman berlalu, manusia pun melakukan perhitungan-perhitungan yang lebih kompleks. Otak manusia juga mengalami keterbatasan dalam menghitung angka yang jumlahnya bisa berdigit-digit. Karena hal tersebut, manusia pun membuat alat-alat perhitungan yang bisa membantunya. Alat perhitungan yang sederhana yang masih dapat dilihat saat ini adalah “sempoa”.

    Kemudian sekitar tahun 1920an, kata "mesin komputasi" mulai dikenal, setiap mesin yang dapat membantu melakukan pekerjaan manusia disebut mesin komputasi, yaitu mesin yang dapat menghitung dengan metode yang efektif. Pada tahun 1940-1950 dengan munculnya mesin komputasi elektronik kata "mesin komputasi" mulai berubah menjadi "komputer" yang biasanya diawali dengan "elektronik" atau "digital".

  5. Sebutkan macam-macam komputasi modern !


  6. a). Mobile Computing atau Komputasi Bergerak

    Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.

    b). Grid Computing

    Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri dikontrol oleh satu komputer utama, dan dipecah menjadi beberapa tugas yang dapat dilaksanakan secara bersamaan pada komputer yang berbeda. Tugas-tugas ini tidak perlu saling eksklusif, meskipun itu adalah skenario yang ideal. Sebagai tugas lengkap pada berbagai unit komputasi, hasil dikirim kembali ke unit pengendali, yang kemudian collates itu membentuk keluaran kohesif.

    c). Cloud Computing atau Komputasi Awan

    Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas. Semua yang terlihat adalah sebuah antarmuka, yang menerima masukan dan memberikan output. Bagaimana output ini dihitung benar-benar tersembunyi.

Parallel Processing
  1. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi ?

  2. Komputasi sendiri sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya yaitu suatu aktifitas penghitungan atau pemecahan masalah.

  3. Apa yang kamu ketahui tentang paralel processing ?

  4. Parallel processing yaitu komputasi yang menggunakan proses parallel. Paralel Processing adalah melakukan proses perhitungan/komputasi dengan menggunakan 2 atau lebih processor dalam suatu komputer yang sama atau komputer yang berbeda dimana dalam hal ini setiap instruksi dibagi kedalam beberapa instruksi kemudian dikirim ke processor yang terlibat komputasi dan dilakukan secara bersamaan.

  5. Jelaskan hubungan antara komputasi modern dengan paralel processing !

  6. Hubunganan antara komputasi modern dan parallel processing sangat berkaitan, karena penggunaan komputer saat ini atau komputasi dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. Dengan begitu peningkatan kinerja atau proses komputasi semakin diterapkan, dan salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kecepatan perangkat keras. Dimana komponen utama dalam perangkat keras komputer adalah processor. Sedangkan parallel processing adalah penggunaan beberapa processor (multiprocessor atau arsitektur komputer dengan banyak processor) agar kinerja computer semakin cepat.


Mengenal BioInformatika
  1. Apa itu Bioinformatika ?

  2. Bioinformatika adalah bidang ilmu di mana biologi, ilmu komputer, dan teknologi informasi bergabung untuk membentuk materi tunggal. Tujuan utama bidang ini adalah untuk memungkinkan penemuan wawasan biologi baru serta untuk menciptakan perspektif global dimana prinsip-prinsip pemersatu dalam biologi dapat dilihat.Pada awal "revolusi genom", yang menjadi perhatian dalam bioinformatika adalah penciptaan dan pemeliharaan database untuk menyimpan informasi biologis, seperti sekuens asam amino dan nukleotida.

  3. Mengapa Bioinformatika menjadi penting ?

  4. Meskipun penyakit manusia tidak dapat ditemukan dalam bentuk yang sama persis pada hewan, mungkin ada data yang cukup untuk model binatang yang memungkinkan peneliti untuk membuat kesimpulan tentang proses pada manusia. Hal itulah yang menyebabkan mengapa bioinformatika menjadi penting.


Sekian sedikit pembahasan dari saya, semoga berguna minum.
Salam peace.

3 comments:

john said...
This comment has been removed by the author.
john said...

Are you a Blockchain user? Do you want to avail Blockchain service in order to fix some errors or clear your doubts? In such scenarios, you are welcomed to get in touch with the professionals who are available via dialing Blockchain Support Number 1-800-665-6722 and known for delivering hassle-free services. They have plethora of solutions related to your issue and can fix it in short time without making much efforts.

john said...


Are you a Gdax user? Do you want to avail Gdax service in order to fix some errors or clear your doubts? In such scenarios, you are welcomed to get in touch with the professionals who are available via dialing Gdax Support Phone Number 1-800-665-6722 and known for delivering hassle-free services. They have plethora of solutions related to your issue and can fix it in short time without making much efforts.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...