Tuesday, November 30, 2010

Obama datang, Merapi Tenang


Pada tanggal 9 November 2010, Indonesia memang kedatangan orang nomor satu di dunia, yaitu Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama. Beliau datang pada pukul 16.25 dengan didampingi sang istri, Michele Obama dan dikawal sejumlah bodyguard yang berpakaian serba hitam. Barrack Obama direncanakan akan berada di Indonesia selama 24 jam. Kedatangan Obama sendiri bukan seperti kedatangan, tetapi lebih kepada "kepulangan". Karena sebelumnya Obama pernah menetap di Indonesia semasa kecil selama 2 tahun dan sempat juga bersekolah di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat.

Obama datang memang tidak datang diwaktu yang tepat, karena belum lama sebelum Obama datang, Indonesia sedang dilanda bencana alam merapi, Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Yogyakarta sedang aktif-aktifnya yang dimulai pada tanggal 26 Oktober 2010 dan juga sempat memuntahkan wedus gembel yang banyak menelan korban jiwa.

Dengan kepulangan Obama itu sendiri ke Indonesia tidak juga membuat merapi tenang seperti judul tulisan ini, malah Obama yang direncanakan berada di Indonesia selama 24 jam hanya tinggal selama 20 jam, karena pada tanggal 10 November 2010 Merapi mulai aktif dan juga mengeluarkan abu vulkanik, yang bisa berbahaya bila terkena mesin jet pesawat Obama.

Dengan datangnya Obama dan juga bencana alam merapi memberikan dampak yang sangat besar terhadap perkembangan dunia bisnis di Indonesia maupun aspek lain nya, dampak tersebut ada yang memang negatif sampai positif, berikut dampak-dampaknya :

Dampak Positif
- Dengan datangnya Obama, Indonesia bisa menjalin hubungan strategis bilateral yang berimbas pada invenstasi dan perdagangan.
- Menaikkan status perbankan dari Indonesia yang beroperasi di AS agar menjadi full brand.
- Dengan adanya bencana alam merapi, warnet yang berada jangkauan 30 KM atau awas yang letaknya dekat, seperti tidak mengalami penurunan omset sekali, malahan omset mereka naik karena banyak sekolah yang diliburkan.
- Masyarakat yang berprofesi sebagai pengambil pasir tidak usah repot-repot mengambil di lokasi yang berbahaya, karena sekarang mereka hanya tinggal mengambil dari sungai yang terlewati lahar dingin merapi.
- Abu vulkanik yang keluar dari gunung merapi dapat juga menyuburkan tanah.

Dampak Negatif
- Dengan datangnya Obama, pemerintah seperti lupa dengan adanya bencana alam yang sedang melanda Indonesia, seperti bencana alam menjadi prioritas kedua.
- Menurunnya perekonomian Yogyakarta disektor pariwisata akibat musibah meletusnya gunung Merapi.
- Merugikan hasil panen dan ladang yang berada disekitar gunung merapi karena tanamannya mati terkena awan panas.
- Melumpuhkan kegiatan perekonomian Yogya sementara waktu, karena pelaku ekonomi menjadi korban letusan gunung dan mengungsi dipengungsian.

Sekian dari saya, semoga berguna minum.
Salam peace.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...